Perancangan User Interface Sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” Berbasis Website Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)

Penulis

  • Rudi Kurniawan STMIK AMIK BANDUNG
  • Dika Prananda Putra STMIK AMIK Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v4i1.77

Kata Kunci:

Kredit Aktivitas Mahasiswa, User Interface Website KAM, Metode User Centered Design (UCD), Pengujian Usability Website KAM

Abstrak

Untuk mencapai standar mutu lulusan yang tidak hanya berorientasi pada hard skill, maka STMIK “AMIKBANDUNG” menetapkan peraturan Kredit Aktivitas Mahasiswa. Peraturan ini merupakan sistem untuk menyatakan pengakuan prestasi pengembangan softs kills di bidang kemahasiswaan. Dengan sistem ini, untuk mencapai kelulusan maka mahasiswa diwajibkan mengumpulkan sejumlah kredit aktivitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan secara tepat pada waktunya. Dalam implementasinya masih banyak ditemukan nilai kredit mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” yang belum mencapai target ketika menginjak di tahun akhir. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan membangun sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa yang berbasiskan website.  Perancangan User Interface dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) ini telah menghasilkan perancangan user interface Sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam melakukan pengajuan kredit aktivitas. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil evaluasi menggunakan usability testing, diketahui rata-rata item pada variabel usability memperoleh total skor >126 yang artinya tidak ada masalah dan total skor >102 yang berarti tidak perlu adanya perbaikan.

Kata kunci— Kredit Aktivitas Mahasiswa, User Interface Website KAM, Metode User Centered Design (UCD), Pengujian Usability Website KAM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

04-03-2022

Cara Mengutip

Kurniawan, R., & Prananda Putra, D. (2022). Perancangan User Interface Sistem Kredit Aktivitas Mahasiswa STMIK “AMIKBANDUNG” Berbasis Website Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Journal of Information Technology, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.47292/joint.v4i1.77