Sebelum Anda mengirimkan makalah, sebaiknya Anda membaca panduan untuk penulis sebagai berikut:

  1. JOINT menerima makalah yang berisi mengenai temuan dari suatu penelitian, laporan pengembangan produk, hasil eksperimen, atau survei terkait bidang teknologi informasi. Setiap makalah harus menitikberatkan bidang teknologi informasi dan komunikasi meskipun terkait dengan bidang lain, misalkan manajemen.
  2. Setiap naskah yang dikirimkan ke JOINT, merupakan naskah asli. Naskah belum diterbitkan pada media publikasi ilmiah lain, dan bukan merupakan karya plagiasi. Naskah yang dikirim tidak boleh merupakan naskah yang sedang dalam penilaian jurnal ilmiah lain.
  3. Setiap naskah harus memiliki 2 abstrak. Satu abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia. Satu abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris.
  4. Naskah ditulis dalam kertas berukuran A4, dengan format dua kolom per halaman.
  5. Naskah ditulis dengan menggunakan font Times New Roman berukuran 10 pt.
  6. Daftar referensi ditulis dengan menggunakan aturan IEEE. Daftar referensi disusun berdasarkan urutan kemunculan dalam makalah. Gunakan aplikasi reference manager untuk menyusun daftar referensi Anda (misal Mendeley) untuk menghindari kesalahan yang tidak penting. Setiap makalah yang disitasi (dengan menggunakan angka, misal [1]) harus ditulis dalam daftar referensi. Demikian pula sebaliknya, setiap makalah yang ada di dalam daftar referensi harus disitasi dalam makalah.
  7. Naskah diserahkan dalam bentuk elektronik dengan format file OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF document format. Setiap submisi harus melalui situs JOINT. Bila membutuhkan bantuan Anda bisa menghubungi editor jurnal.
  8. Untuk memudahkan penulisan makalah sesuai dengan aturan dalam jurnal ini, anda dapat menggunakan template (dalam format microsoft word) berikut.
  9. Makalah harus disusun dengan alur IMRaD: Introduction, Methods, Result, and Discussion. Pada bagian Introduction, Anda harus menjelaskan motivasi atau alasan yang menjadi dasar pekerjaan yang dilaporkan dalam makalah. Anda juga harus menjelaskan masalah apa yang menjadi fokus dari pekerjaan tersebut. Tuliskan pula apa hasil yang diharapkan dari pekerjaan tersebut. Pada bagain Methods, Anda harus menjelaskan alur kerja yang Anda lakukan dalam menyelesaian pekerjaan yang dilaporkan. Jangan menuliskan alur aplikasi (bila mengembangkan produk) di bagian ini. Pembaca sebaiknya dapat mengerti bagaimana Anda bekerja untuk mendapatkan hasil yang dilaporkan. Dalam kasus makalah berisi pengajuan metode baru, Anda dapat menuliskan metode yang diajukan pada bagian ini. Bagian Result harus menjelaskan mengenai hasil yang dicapai dari pekerjaan yang dilaporkan. Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan skema atau alur produk yang dikembangkan. Bagian Discussion harus membahas validasi pekerjaan yang dilaporkan serta menyusun argumen kenapa hasil tersebut penting dan sudah sesuai dengan tujuan pekerjaan.
  10. Lakukan pengecekan tulisan sebelum menyerahkan naskah ke jurnal. Pastikan seluruh makalah sudah mengikuti format yang disyaratkan oleh jurnal. Pastikan tidak ada lagi kesalahan ketik atau penulisan dalam makalah. Pastikan bahwa seluruh tata bahasa sudah mengikuti Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Untuk memasukkan makalah lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Login pada situs JOINT sebagai Author. Bila Anda belum memiliki akun di situs JOINT, silahkan melakukan pendaftaran.
  2. Klik tombol "Make a submission". Pada halaman yang ditampilkan klik tautan "Make a new subscription" yang terdapat di bagian atas halaman tersebut.
  3. Isi semua checklist yang ada, serta pastikan naskah yang akan dikirimkan sudah memenuhi persyaratan dalam checklist tersebut.
  4. Tuliskan komentar untuk Editor pada tempat yang disediakan, bila dibutuhkan. Anda dapat menuliskan ringkasan mengenai naskah yang dikirimkan untuk memudahkan Editor menilai makalah.
  5. Centang persetujuan dan klik tombol "Save and Continue".
  6. Pada form pop-up yang muncul, pilih "Article Text" sebagai Article Component untuk menyerahkan naskah Anda. Ikut langkah selanjutnya yang tertera dalam form untuk mengunggah naskah Anda. Setelah naskah terunggah, klik tombol "Continue"
  7. Bila Anda merasa membutuhkan untuk mengikutsertakan data tambahan, selain naskah utama, Anda dapat mengunggah komponen artikel lain setelah mengunggah naskah utama.
  8. Isi metadata naskah Anda, yang terdiri dari Abstrak (Bahasa Inggris saja), Kata kunci (Bahasa Inggris saja), seluruh data penulis yang tercantum dalam naskah (nama, afiliasi, dan surel). Setelah selesai klik tombol "Continue".
  9. Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul. Setelah selesai, sebuah surel notifikasi akan dikirimkan ke alamat surel Anda untuk menyatakan naskah sudah dimasukkan.

Perlu diingat bahwa proses penelaahan (review) membutuhkan waktu. Pada umumnya, waktu untuk melakukan pemrosesan suatu makalah setidaknya memakan waktu 3 minggu. Naskah yang sudah dimasukkan ke dalam proses review tidak bisa dicabut sebelum hasil penelaahan keluar. Bila Anda ingin mencabut suatu naskah, hubungi editor melalui surel dengan menyertakan alasan pencabutan.