The PEMBANGUNAN GAME 3D REAL TIME STRATEGY “BUG INVASION” BERBASIS DESKTOP

Unity 3D Game Engine

Penulis

  • Rudi Kurniawan STMIK AMIK BANDUNG
  • Rizal Yudha Pradatama

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v3i2.61

Kata Kunci:

Real Time Strategy, Micro Economic Method, Unity 3D Navigation System, Simulation Game

Abstrak

Banyaknya judul-judul baru yang ditawarkan oleh permainan dengan genre Real Time Strategy, dari hasil pengamatan pada kenyataannya belum banyak yang menawarkan mekanisme baru dalam permainan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah mekanisme baru dengan menawarkan sebuah metode mikro ekonomi. Dengan metode mikro ekonomi permainan dapat memberikan tantangan baru bagi para Pemain berupa pembatasan (boundary) dalam penempatan posisi suatu objek, misalnya banyaknya jumlah bangunan yang dibangun dalam satu area tidak dapat dilakukan seara sembarangan. Pada permainan ini dikembangkan juga sebuah Artificial Intelligence (AI) yang digunakan sebagai kubu lawan dalam sebuah simulasi pertempuran melawan pemain nyata (manusia).

Pada proses pembangunan game 3D digunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yaitu (1) Tahap konsep; (2) Tahap desain; (3) Tahap pengumpulan material (gambar, model character, animasi, video, audio dan lain-lain); (4) Tahap pembuatan (penggabungan semua objek berdasarkan tahap konsep dan tahap desain); (5) Tahap pengujian, alfa serta beta; (6) Tahap pendistribusian (rilis game kepada target pengguna). Adapun tools yang digunakan yaitu Game Engine Unity dengan bahasa pemrograman C#.

Dari hasil ujicoba dengan mekanisme ini, permainan baru yang menggunakan sebuah metode mikro ekonomi telah mampu memberikan batasan terhadap penempatan posisi serta banyaknya bangunan yang ditempatkan yaitu dengan cara membuat sebuah border berbentuk lingkaran yang berpusat dimasing-masing town hall Pemain maupun AI. Pembuatan sebuah border yang berbentuk lingkaran digunakan sebagai penanda batas wilayah antara Pemain dan AI. Dengan demikian Pemain maupun AI tidak akan dapat membangun bangunan yang mereka miliki serta mengambil sumber daya yang berada di luar batas dari border/ wilayahnya.

Kata Kunci: Real Time Strategy, Metode Mikro Ekonomi, Navigation System Unity 3D, Game Simulasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Volume 03 Nomor 02 tahun 2021 Paper-5

Diterbitkan

30-08-2021

Cara Mengutip

Kurniawan, R., & Yudha Pradatama, R. (2021). The PEMBANGUNAN GAME 3D REAL TIME STRATEGY “BUG INVASION” BERBASIS DESKTOP: Unity 3D Game Engine. Journal of Information Technology, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.47292/joint.v3i2.61