Peningkatan Sistem Keamanan Parkir dengan Teknologi Artificial Intelligence Imaging

Penulis

  • Ari Purno Wahyu Program Teknik Informatika, Universitas Widyatama
  • Suhendri Suhendri STMIK "AMIKBANDUNG"
  • Heri Heryono Program Teknik Informatika, Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v1i2.9

Kata Kunci:

sistem parkir, image processing, algoritma ORC

Abstrak

Tempat parkir merupakan sebuah fasilitas umum yang biasa  tersedia pada sebuah instansi atau kantor yang berfungsi untuk menyimpan kendaraan sementara disaat kita bekerja atau melakukan aktifitas lainnya, kendarran yang masuk ke area parkir kemungkinan puluhan bahkan ribuan, oleh kerena itu diperlukan sebuah sistem pengaturan dan manajemen area parkir, pengaturan tersebut bisa berupa  prosedur parkir bahkan sistem pendukung lainnya seperti sarana dan prasaran parkir yang memadai, fungsi lain  dari pembuatan dan pengembangan sistem parkir pada umumnya untuk memberikan keamanan dan kenyaman, sehingga kondisi kendaraan akan tertata dengan baik dilihat dari segi penempatan kendaran serta jaminan  kemanan dan bisa dimanfaatkan selama 24 jam.

Kendala yang dihadapi saat ini adalah jumlah kendaraan yang semakin bertambah sehingga diperlukan area atau space parkir yang lebih luas, lambatnya pendataan kendaraan karena teknologi yang digunakan masih dilakukan validasi plat kendaraan secara manual, masalah lain yang dihadapi  adalah pada penempatan area yang luas, keterbatasan ini berdasarkan pada jumlah petugas parkir dilapangan sangat terbatas sehingga diperlukan tenaga dan waktu yang ektra untuk mengatur dan mengecek kendaraan yang sudah masuk di area parkir.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan penggunaan teknik image processing dan OCR algoritma, teknik ini sudah banyak diimplementasikan dibeberapa  negara maju yang digunakan untuk manjemen sistem parkirnya,  image processing digunakan untuk mendata dan mengawasi jumlah kendaraan yang ada diarea dengan melakukan pembacaan dengan cara scanning plat nomor kendaraan, teknik scanning bisa bekerja dengan menggunakan teknik OCR (Optical Character recognition), data dari sebuah image plat nomer kendaraan dikonversi kedalam bentuk teks atau angka dan  bisa langsung disimpan pada sebuah database, data dari  plat kendaraan yang telah disimpan kemudian dicocokan dengan foto kendaraan,  dengan bantuan sistem bisa dintegrasikan  dengan kamera sehingga pengawasan area parkir bisa dilakukan secara langsung dalam waktu yang lama, sistem  mampu  menampilkan data secara visual plat kendaraan dan foto kendaraan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

23-08-2019

Cara Mengutip

Wahyu, A. P., Suhendri, S., & Heryono, H. (2019). Peningkatan Sistem Keamanan Parkir dengan Teknologi Artificial Intelligence Imaging. Journal of Information Technology, 1(2), 39–42. https://doi.org/10.47292/joint.v1i2.9