Klasterisasi Penjualan Pakaian untuk Meningkatkan Strategi Penjualan dengan Menggunakan K-Means

Penulis

  • Chandra Purnama Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Wina Witanti Universitas Achmad Yani
  • Puspita Nurul Sabrina

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v4i1.79

Kata Kunci:

Algoritma, K-Means, Klaster, Klasterisasi

Abstrak

Semakin berkembangnya persaingan dalam dunia industri khususnya untuk memenuhi kebutuhan primer manusia yang selalu berkembang dan berubah-ubah maka dibutuhkan suatu cara dan juga solusi yang dapat menemukan suatu pola dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran barang di perusahaan, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan. Strategi penjualan yang tidak akurat, menyebabkan pembengkakan biaya yang tinggi dan tidak ekonomis, hal ini sangat berbahaya bagi para pelaku bisnis. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk membantu dalam meningkatkan strategi penjualan yang efektif yaitu dengan memanfaatkan data penjualan yang telah tersedia. Sebagai bentuk efisiensi penggunaannya maka dipandang perlu menambahkan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan prediksi terhadap sesuatu objek. Klasterisasi yang merupakan sebuah proses untuk mengelompokan data ke dalam beberapa klaster atau kelompok sehingga data dalam satu klaster memiliki tingkat kemiripan yang maksimum dan data antar klaster memiliki kemiripan yang minimum. Data Penjualan dikelompokkan berdasarkan kemiripan data tersebut sehingga data dengan karakteristik yang sama berada dalam satu klaster dan salah satu atribut yang digunakan adalah jenis pakaian dan penjualan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

04-03-2022

Cara Mengutip

[1]
C. Purnama, W. Witanti, dan P. Nurul Sabrina, “Klasterisasi Penjualan Pakaian untuk Meningkatkan Strategi Penjualan dengan Menggunakan K-Means”, JOINT, vol. 4, no. 1, hlm. 35–38, Mar 2022.