Analisis dan Perancangan Sistem Penentuan Prioritas Penanganan Kerusakan Pipa Air Minum Perusahaan XYZ dengan Metode TOPSIS

Penulis

  • Wina Witanti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Tati Harihayati M Universitas Komputer Indonesia
  • Ayu Peraiyantika

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v4i1.72

Kata Kunci:

Penanganan Kerusakan, Prioritas, TOPSIS

Abstrak

Perusahaan XYZ merupakan suatu perusahaan yang menyediakan layanan air minum atau Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) dengan jenis SPAM jaringan perpipaan untuk menjamin kepastian kuantitas dan kualitas Air Minum yang dihasilkan serta kontinuitas pengaliran Air Minum. Bagian Operasi dan Pemeliharaan di perusahaan XYZ hampir setiap hari mendapatkan empat sampai enam laporan kerusakan pipa air minum dari pelanggan, sedangkan jumlah petugas lapangan setiap harinya cukup terbatas yaitu hanya dua orang petugas yang bertanggungjawab secara langsung dalam menangani kerusakan pipa air. Kepala Bagian Operasi dan Pemeliharaan cukup kesulitan dalam menentukan laporan kerusakan mana yang harus diprioritaskan untuk ditangani oleh petugas lapangan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum kepada Kepala Bagian Operasi dan Pemeliharaan dalam menentukan laporan kerusakan pipa air minum yang harus diprioritaskan untuk ditangani lebih dahulu. Penelitian ini akan menggunakan pemodelan terstruktur dengan menggunakan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh perusahaan XYZ.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

04-03-2022

Cara Mengutip

[1]
W. Witanti, T. . Harihayati M, dan A. . Peraiyantika, “Analisis dan Perancangan Sistem Penentuan Prioritas Penanganan Kerusakan Pipa Air Minum Perusahaan XYZ dengan Metode TOPSIS”, JOINT, vol. 4, no. 1, hlm. 8–13, Mar 2022.