INTEGRATED LIBRARY SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: PERPUSTAKAAN KABUPATEN CIREBON)

METODE ALGORITMA APRIORI

Penulis

  • Alfi Nurfajiah
  • Tuti Hartati Mindara a:1:{s:5:"en_US";s:18:"STMIK IKMI Cirebon";}
  • Dita Rizki Amalia

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v3i1.55

Kata Kunci:

INLIS Lite, Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Algoritma Aprior

Abstrak

Perpustakaan Kabupaten Cirebon adalah salah satu Perpustakaan yang berdiri di Jl. Sunan Drajat No.9 Sumber. Dimana pada Perpustakaan ini sudah ditingkatkan pelayanannya melalui penyediaan fasilitas  serta ruangan  yang sangat  memadai. Dengan bertambahnya koleksi buku di perpustakaan, maka akan sangat bagus apabila menggunakan sistem data mining yang berfungsi untuk mengetahui kumpulan data sebagai proses yang dapat membantu dalam pencarian buku yang diinginkan oleh pelanggan perpustakaan.  Teknik Association rule dengan menggunakan algoritma apriori dapat dijadikan sebagai rujukan dalam mengetahui  peminjaman secara serentak dalam satu transaksi yang terjadi pada satu item. Setelah menentukan satu item tersebut maka dilakukan pengujian apakah dapat memenuhi standar suport yang dapat dijadikan sabagai syarat minimum kemudian dibuat sebuah aturan yang sesuai dengan standar minum confidance, sejak tahun 2020 Sistem Perpustakaan di Kabupaten Cirebon telah menggunakan  localhost yang merupakan Sistem Perpustakaan secara terintegrasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Salah satu layanan yang diberikan adalah informasi yang dibutuhhan secara terpusat sehingga dapat mendukung dalam pengambil keputusan buku apa yang tersedia untuk di pinjam, bagaimana sayarat-sayarat untuk menjadi anggota, siapa saja yang sudah menjadi anggota. Dengan menggunakan sistem ini maka kita dapat melihat sebuah pola buku yang dipinjam berdasarkan rekomendasi dari petugas perpustakaan serta dapat melakukan pengaturan dalam penyimpanan buku yang sesuai dengan pola informasi dalam penyimpanan buku.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

05-03-2021

Cara Mengutip

[1]
A. Nurfajiah, T. Hartati Mindara, dan D. Rizki Amalia, “INTEGRATED LIBRARY SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: PERPUSTAKAAN KABUPATEN CIREBON): METODE ALGORITMA APRIORI ”, JOINT, vol. 3, no. 1, hlm. 39–44, Mar 2021.