PERANCANGAN APLIKASI TEST PENJURUSAN DENGAN MODEL WATERFALL SEBAGAI ALAT BANTU MEMPERCEPAT PROSES PENGUJIAN SISWA BARU BERBASIS WEB

STUDI KASUS : SMA 1 BARUNAWATI JAKARTA

Penulis

  • Yudisti Prayigo Permana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v3i2.37

Kata Kunci:

Aplikasi Ujian, Tes Penjurusan, SDLC Waterfall Model

Abstrak

Pelaksanaan ujian di dalam dunia pendidikan digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan atau keberhasilan siswa selama menjalani proses pendidikan, sehingga siswa dapat mengetahui tingkat kemampuannya sesuai dengan bidang studi. Oleh karena itu aplikasi penjurusan ini dibuat untuk dioperasikan di sekolah sehingga dapat memudahkan sekolah dalam melakukan pengujian terhadap siswa baru selain untuk mempercepat proses pengujian dan audit penilaian juga sebagai media untuk menguji akademik siswa yang akan dijadikan sebagai acuan untuk dilakukannya penjurusan, program ini dibuat dengan menggunakan metode SDLC (System Develop Life Cycle) dengan model proses waterfall  sampai tahap pengujian. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan menggunakan mysql sebagai databasenya. Hasil dari penelitian adalah terciptanya sebuah aplikasi yang dapat mempercepat proses penjurusan hingga 50% yang semula memakan waktu 240 menit menjadi hanya 120 menit serta tidak memerlukan media kertas sebagai alat pengujian dan dapat meminimalisir penggunaan biaya hingga 80% dari total anggaran yang dikeluarkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.
Volume 03 Nomor 02 Tahun 2021

Diterbitkan

30-08-2021

Cara Mengutip

[1]
Y. P. Permana, “PERANCANGAN APLIKASI TEST PENJURUSAN DENGAN MODEL WATERFALL SEBAGAI ALAT BANTU MEMPERCEPAT PROSES PENGUJIAN SISWA BARU BERBASIS WEB : STUDI KASUS : SMA 1 BARUNAWATI JAKARTA”, JOINT, vol. 3, no. 2, hlm. 1–7, Agu 2021.