Implementasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)terhadap Pelayanan Administrasi di Kecamatan Gedebage Berbasis Web

Penulis

  • Indriati Silalahi STMIK "AMIKBANDUNG"
  • Khoirida Aelani STMIK AMIKBANDUNG
  • Christina Juliane STMIK "AMIKBANDUNG"

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v2i2.28

Kata Kunci:

Metode Importance Performance Analysis (IPA), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Kuisioner Online

Abstrak

Masalah pokok pada penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana mengelola knowledge dari staff operation and maintenance dalam bidang pemeliharaan dan pemasangan jaringan Telco Calling Card. Dengan mengelola knowledge tersebut maka setiap staff dapat dengan mudah untuk mendapatkan tambahan knowledge sebagai bekal untuk menyelesaikan tugas-tugas diperusahaan.

Masalah pokok pada penelitian yang dilakukan adalah untuk menghitung indeks kepuasan masyarakat (IKM) dari pelayanan yang ada di kecamatan, penilaian ini diatur di dalam Kemen PAN Nomor: 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Perhitungan penilaian tersebut menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Dalam penghitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan yang menjadi variabel penilaian dimana penghitungannya tidak akurat karena menggunakan aplikasi Microsoft Excel, serta membutuhkan waktu yang lama.

Dari permasalahan diatas perlu dibangun suatu sistem dimana dapat menjadi alat yang membantu pemerintah dalam menghitung indeks pelayanan masyarakat secara akurat. Melalui sistem ini juga, pemerintah dapat melakukan monitoring dan usulan perbaikan terhadap parameter yang dianggap perlu untuk diperbaiki dan ditingkatkan.

Perhitungan indeks kepuasan masyarakat dilakukan dengan mengimplementasikan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara kinerja dan kepuasan masyarakat di Kecamatan Gedebage. Kepuasan seseorang tersebut diukur dengan cara membandingkan tingkat harapannya dengan kinerja yang dilakukan pihak lain. Metode ini diimplementasikan dengan terlebih dahulu membuat kuisioner, mengolah data kuisioner dan memasukkan hasil kuisioner ke dalam diagram kartesius.

Sistem yang dibangun berupa suatu sistem kuisioner online dimana sistem tersebut menggunakan rumus IPA untuk mencari tingkat kesesuaian antara kinerja pegawai dan kepuasan masyarakat. Setiap kuisioner yang diisi masyarakat secara online akan diolah datanya didalam sistem, dan hasil penilaiannya akan dibagi kedalam empat kuadran. Analisis kuadran ini memudahkan pemerintah di kecamatan dalam memperbaiki parameter yang dianggap harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Kata kunci— Metode Importance Performance Analysis (IPA), Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Kuisioner Online

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

19-08-2020

Cara Mengutip

[1]
I. Silalahi, K. Aelani, dan C. Juliane, “Implementasi Metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)terhadap Pelayanan Administrasi di Kecamatan Gedebage Berbasis Web”, JOINT, vol. 2, no. 2, hlm. 55–60, Agu 2020.