Analisis dan Perancangan Jaringan Wireless Dengan Wireless Distribution System Menggunakan User Authentication Berbasis Multi-Factor Authentication

Penulis

  • Muchamad Rusdan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Muhamad Sabar Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v2i1.004

Kata Kunci:

jaringan wireless, wireless distribution system, multi-factor authentication

Abstrak

Jaringan wireless merupakan salah satu alternatif terbaik dalam membangun jaringan komputer yang praktis dan fleksibel serta memiliki mobilitas tinggi. Sebagian besar institusi menggunakan jaringan wireless untuk mendukung jaringan kabel yang sudah ada, namun pada kenyataannya jaringan wireless tersebut tetap menggunakan media kabel sebagai backbone dari access point, yang bertujuan supaya pengguna layanan bisa melakukan akses internet dan pencarian informasi. Permasalahan dari penggunaan kabel sebagai media backbone ini dapat menjadi kendala yang berarti pada tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kabel. Jaringan wireless memberikan kemudahan dan fleksibilitas yang cukup tinggi serta nyaman untuk digunakan. Selama berada dalam area cakupan jaringan wireless, pengguna dapat mengakses internet setiap saat. Untuk membuat sebuah jaringan wireless terkoneksi ke internet dengan aman dan user-friendly, maka kita dapat membuat sebuah sistem user authentication yang berbasis Multi-Factor Authentication (MFA) yang dapat digunakan untuk melakukan Authentication dan Authorization. Pada umumnya setiap pengguna dapat menggunakan layanan jaringan wireless yang ada dengan cara melakukan user authentication yang berbasis Wifi Protected Access 2 Pre-Shared Key (WPA2-PSK). Tujuan penelitian ini antara lain adalah mengembangkan jaringan wireless yang menggunakan user authentication berbasis Multi-factor Authentication (MFA) untuk dapat melakukan koneksi pada jaringan wireless demi meningkatkan keamanan serta kemudahan dalam penggunaan jaringan wireless yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur dan observasi. Setelah dilakukan analisis dan disain dapat disimpulkan bahwa user authentication berbasis Multi-factor Authentication (MFA) aman dan user-friendly yang mampu membedakan pengguna yang diizinkan dan tidak diizinkan untuk menggunakan layanan jaringan wireless.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

02-03-2020

Cara Mengutip

[1]
M. Rusdan dan M. Sabar, “Analisis dan Perancangan Jaringan Wireless Dengan Wireless Distribution System Menggunakan User Authentication Berbasis Multi-Factor Authentication”, JOINT, vol. 2, no. 1, hlm. 17–24, Mar 2020.