Public Intention on Bandung Tour on Bus

Penulis

  • Tezza Adriansyah Anwar Universitas Widyatama
  • Yessy Puspita Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.47292/joint.v2i1.19

Kata Kunci:

pariwisata, kualitas layanan, kepuasan konsumen, minat masyarakat

Abstrak

Bandung dikenal sebagai ibu kota Jawa Barat. Bandung berkembang juga sebagai kota kuliner. Sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah untuk memfasilitasi wisatawan yang datang ke Bandung, Pemerintah secara resmi mengumumkan Bus Pariwisata "Bandros" (Bandung Tour on Bus). Namun secara praktis, banyak masalah yang dihadapi oleh para pemangku kepentingan. Standarisasi harga di antara penumpang, batasan jumlah bus yang tidak dapat melayani penumpang, ketidakjelasan rute termasuk keberangkatan dan kedatangan, manajemen yang tidak sehat untuk faktor keselamatan dan meningkatnya jumlah penumpang yang memberikan dampak negatif karena kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas layanan, kepuasan masyarakat dan minat masyarakat untuk menggunakan kembali Bandros, dan juga untuk mendapatkan hasil analisis sejauh mana kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat serta dampaknya terhadap minat masyarakat untuk menggunakan kembali Bus Bandros. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif-verifikasi. Metode ini digunakan untuk memverifikasi kualitas layanan persepsi, kepuasan masyarakat dan niat masyarakat untuk menggunakan kembali Bus Bandros dengan melibatkan 500 responden yang ingin menggunakan Bus Bandros. Penyebaran dan pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan convenience sampling. Analisis jalur juga digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil proses pengujian statistik ditemukan persepsi yang signifikan antara variabel kualitas layanan dan citra merek dengan minat masyarakat di Kota Bandung untuk menggunakan Bus Bandros. Untuk rekomendasi dalam penelitian ini, kejelasan informasi dapat meningkatkan niat publik untuk menggunakan Bus Bandros, karena informasi yang disampaikan akan memberikan kejelasan dalam rangka meningkatkan niat publik untuk naik Bus Bandros.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

02-03-2020

Cara Mengutip

[1]
T. A. Anwar dan Y. Puspita, “Public Intention on Bandung Tour on Bus”, JOINT, vol. 2, no. 1, hlm. 13–16, Mar 2020.