Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Mengetahui Pola Pada Data Transaksi Percetakan (Studi Kasus Java Printing Batujajar)

Penulis

  • Castaka Agus Sugianto Teknik Informatika
  • Dini Sukmawati Politeknik TEDC

Kata Kunci:

Data Mining, Algoritam FP-Grouth, Aturan asosiasi, Pola Transaksi

Abstrak

Pendataan transaksi percetakan memiliki manfaat penting yaitu untuk mengetahui produk yang paling diminati oleh pelanggan secara bersamaan dalam periode waktu tertentu. Java Printing Batujajar telah mencatat transaksi percetakan selama 2 tahun terakhir. Namun, kurangnya pengelolaan data menyebabkan persediaan bahan baku menjadi tidak teratur, sehingga banyak data transaksi yang hanya tercatat tanpa diproses lebih lanjut. Data yang dikumpulkan mencakup 704 catatan transaksi percetakan dari tahun 2021 hingga tahun 2022. Dalam hal ini, diperlukan solusi untuk mengidentifikasi pola dalam data transaksi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode asosiasi dengan algoritma FP-Growth menggunakan perangkat lunak RapidMiner. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara dua produk, yaitu Buku Yasin L 208hl (Lengkap/memakai siku dan pita rumbai 208 halaman) dan Buku Yasin L 224hl (Lengkap/memakai siku dan pita rumbai 224 halaman). Kedua produk ini memiliki nilai support tertinggi sebesar 11,5% dari total transaksi, menunjukkan bahwa keduanya sering dibeli bersamaan. Selain itu, nilai confidence untuk keterkaitan antara kedua produk ini mencapai 100%, artinya jika pelanggan membeli Buku Yasin L 208hl, mereka pasti akan membeli juga Buku Yasin L 224hl. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan mengatur parameter eksperimen, nilai support dan confidence yang diperoleh lebih tinggi daripada menggunakan parameter default. Ini menandakan bahwa pengujian eksperimen lebih efektif dalam menemukan keterkaitan antara produk dan memberikan informasi yang lebih berharga dalam mengoptimalkan penataan dan penyimpanan bahan baku yang terkait.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

14-11-2023 — Diperbaharui pada 01-12-2023

Versi

Cara Mengutip

[1]
C. A. Sugianto dan D. Sukmawati, “Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Mengetahui Pola Pada Data Transaksi Percetakan (Studi Kasus Java Printing Batujajar)”, JOINT, vol. 5, no. 1, hlm. 20–26, Des 2023.